Menu Close

24 Kuliner Khas Jogja Nun Legendaris Dan Murah Meriah

kuliner yogyakarta

Persembahan ini dijual di berbagai toko oleh-oleh dengan pajak yang bervariasi. Yangko punya bentuk yang khas serta belum berubah sejak mula-mula kali dibuat, yaitu kotak dengan tekstur yang lembut dan kenyal. Rasanya menawan dan sedikit gurih, olehkarena itu terdapat taburan tepung tertentu yang selalu melekat sebagai ciri khas kue Yangko ini. terlepas dari tersebut, kuliner Jogja memiliki pikiran rasa khas yang tak diragukan lagi kenikmatannya. Banyak tempat wisata kuliner dalam Jogja yang menjadi tumpuan para wisatawan untuk mengempenak lidahnya.

Lotek hampir tentu dengan pecal, yaitu berasal dari rebusan sayuran & disiram dengan bumbu kacang. Bedanya dengan pecal, lotek jogja biasanya ditambahkan tempe, dan dalam bumbunya ditambahkan terasi. Selain itu di proses penyajian lotek itu dibumbui ketika akan dihidangkan sedangkan pecal itu dibumbui terlebih dahulu.

Lotek biasanya disajikan beserta lontong atau nasi putih, selain itu ditambah secara kerupuk udang dan kucai goreng. Karena cita rasa yang unik ini, banyak wisatawan rela antre untuk mencicipi gudeg ini.

Nasi Tiwul Bukit kidul ini Terbuat daripada tepung gaplek yaitu singkong yang telah dikeringkan. Nasi Tiwul merupakan makanan khas dari Gunung kidul yang dulunya menjadi makanan pokok masyarakat di Gunungkidul. Santapan yang dahulu sempat dalam identikan dengan sebuah potret kemiskinan di daerah itu, Namun sekarang mampu menembus batas gengsi seseorang. Nasi Tiwul bukan lagi hanyalah makanan pengganti makanan dasar nasi, namun sudah menjadi kuliner yang banyak diinginkan saat berada di Gunung Kidul. Photo by resepseharihari. comYangko merupakan makanan / jajanan khas Yogyakarta.

Dari segi rasa lotek cenderung lebih manis daripada pecal. Sayuran yang biasa dijadikan lotek yaitu terdiri dari kangkung, kacang panjang, mentimun, tauge, dan kol. Sedangkan bumbu yang digunakan yaitu kacang tanah, gula pasir, asam jawa, terasi bakar, cili rawit, bawang putih, hijau, garam, dan terasi bakar.

Harga dari porsi sekitar Rp 15 ribu hingga Rp 25 ribu tergantung lauk dengan dipilih. Lauknya sendiri beraneka ragam seperti sate, ceker, telur, gorengan, ayam kampung, dan masih banyak lagi nun lainnya.

Bakso Mawut Yogya terkenal karena rasanya yang lezat dan dengan tektur baksonya nun kenyal. Kedai Bakso Mawut tak pernah sepi daripada pengunjung terutama pada jam makan siang dan sore hari. Gudeg beda yang begitu terkenal di yogya yaitu gudeg pawon dan menjadi favorit wisata kuliner gudeg di yogyakarta. Makanan dari nangka muda ini merupakan menu sajian utama di gudeg pawon ini.

Tempat wisata kuliner di Jogja ini bahkan sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Pasti, tak lengkap jika berkunjung ke sini tanpa mencicipinya. Lalu apa dan dalam mana sajasihkuliner Jogja nun enaknya bikin ketagihan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *