Menu Close

5 Kuliner Legendaris Khas Lombok Yang Tentu Kamu Coba

kuliner lombok

Ikan yang digunakan buat menjadi bahan sate saja bermacam – macam, dibanding ikan cakalang hingga ikan laguna. Untuk rasa yang dihasilkan makanan ini tentunya sangat enak dan segar. Tidak hanya itu sekadar, di balik keindahan alam dan keberaneka ragaman suku dan budaya, Indonesia saja memiliki makanan khas di setiap daerah yang sangat lezat. Plecing kangkung, pedas serta segar (foodsweety. com)Kamu pasti sudah nggak asing lalu dengan makanan yang satu ini. Tapi, mungkin tak banyak yang tahu juga plecing kangkung ternyata bermula dari Lombok.

Para pecandu masakan pedas dijamin benih langsung ketagihan begitu sekali mencicipi. Masakan ini biasa dijajakan di hampir seluruh restoran maupun warung dalam Lombok.

Bulayak sendiri merupakan makanan Lombok yang struktur dan bahannya mirip secara ketupat. Hanya saja, Bulayak dibungkus dengan Daun Enau dan berbentuk memanjang. Berbeda dengan pada bagian satenya, Sate Bulayak tidak disiram dengan bumbu kacang melainkan tambahan santan kemiri yang enak menggoda. Ayam Taliwang di dasarnya adalah ayam bakar biasa, namun kelezatan khasnya ada di bumbu pedasnya yang fenomenal.

Jaje Tujak via Instagram/iin_slaludihatiMendekati momen lebaran, makanan khas Lombok ini otomatis tersuguh di seantero wilayah Lombok. Di Jawa, Jaje dikenal dengan julukan Tetel, yang mana terbuat daripada bahan dasar Beras Ketan.

Meski sama-sama terbuat dari daging sapi, Sate Rembiga ternyata memiliki daya pikir rasa yang berbeda dengan Sate Bulayak. Jika Sate Bulayak dikenal dengan saus sambal pedas gurihnya, Sate Rembiga disajikan tanpa sambal pelengkap. Meski tak ada sambal atau saus pendamping, nyatanya bumbu pedas elegan begitu meresap pada ketuat sapi Sate Rembiga. Pecinta kuliner pedas pasti akan jatuh cinta dengan hidangan Lombok yang satu ini.

Sedangkan sebagai pendampingnya, Jaje Tujak disajikan bersama Poteng alias Tape. Sate Bulayak via Instagram/dickykulinerSate dan Bulayak adalah dua hal dengan berbeda.

Makanan tersebut berbahan dasar ayam dengan diolah dengan berbagai ulah rempah dan resep pengintai. Dalam sajian makanan ini juga ditemani dengan suplemen rendaman dan sambal. Beberuk Terong merupakan makanan khas Lombok yang berjenis lalapan.

Terung mentah yang dalam iris kecil-kecil, kemudian dicampur dengan sambal tomat sengit. Jika menggunakan terong bakar, setelah agak dingin terong bakar tersebut di suir-suir memanjang. Hampir semua warung makan di Pulau Lombok menyediakan beberuq terong. Mereguk yang ditawarkan makanan itu sangatlah nikmat dan tidak sama dengan masakan yang berbahan dasar ayam pada umumnya. Rasanya unik dan pedas sangat cocok disantap dengan nasi hangat.

Pantang dilewatkan jika Teman Traveler sedang berpunya di Negeri Seribu Masjid. Terdapat dua versi beberuq terong yaitu ada yang menggunakan terong bulat yuvenil da nada yang memakai terung panjang yang dibakar.

Pasalnya, Kelaq Sebie punya bumbu dasar lada kutuk remaja yang pedasnya nampol. Agar semakin mantap, Kelaq Sebie juga ditambahkan kuah santan kental, ikan tongkol, polong panjang, dan terong. Sate Pusut via Instagram/nian. tunjungJika Bali punya sajian Sate Lilit, maka Lombok punya yang namanya Sate Pusut. Keduanya sama-sama merupakan sate yang terbuat dari persesuaian daging dan kelapa garit. Hanya bedanya, Sate Seluk menggunakan daging ikan, selama Sate Pusut justru menggunakan bahan daging sapi nun gurih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *