Menu Close

5 Makanan Khas Bali Yang Terkenal Enak, Mengecap Unik Dan Cocok Dalam Lidah

kuliner bali

Pembuatannya memerlukan rumput laut dengan jenis Kappaphycus alvarezii yang memiliki ciri-ciri warna yang hijau tapi agak gelap dan sedikit kemerahan. Selain menimbulkan wewangian, pemasakan dengan sabut pulalah yang membuat teksturnya kendur dan bumbunya merasuk ke dalam karena dimasak bertambah lama.

Tujuan dari penambahan jenis pisang tersebut merupakan untuk memberi rasa kelat setelah kesemua bumbu bertimbun dengan cara diuleg. Bahan-bahan yang digunakan untuk menghasilkan bumbunya adalah gula nira buleleng, cuka, terasi, gusar, cabai rawit, dan yang berbeda adalah adanya banana batu. Bahkan sekarang sibak cabang di Bandara Ngurah Rai International Air Port.

Serasi namanya yang ada perintah sambalnya, maka diperlukan pula sambal yang terbuat daripada cabai rawit, bawang merah, bawang putih, serai, garam, dan terasi bakar. Sebelum dimasak, saat proses melumuri bumbu tersebut harus ditunggu sampai bumbu benar-benar sudah meresap sampai ke pada. Namun jika cuma seorang atau berdua, pesan sekadar yang seperempat atau separuh ekor saja agar menyesuaikan uang dan ayamm tak mubazir.

Namun di balik seluruh perbedaan itu, entil sama-sama dimasak dari beras berpadu santan, sehingga mirip ketupat atau lontong. Walaupun tips membuatnya mirip ketupat, namun entil memiliki bentuk bertambah pipih dengan warna kehijau-hijauan. Buburnya juga dibuat beserta rempah-rempah seperti daun selamat, santan, dan garam sehingga menimbulkan rasa bubur yang gurih namun begitu pelan di mulut. Menikmati homo mangkuk bubur mangguh, kamu akan mendapatkan rasa pedas dan rasa rempah-rempah dengan sangat terasa. Salah homo jenis urapan yang khas dari pulau Bali adalah jukut urab dengan gaya hampir mirip dengan urapan sayur dari Jawa.

Setelah kacang tanah ditumbuk halus, nantinya akan diberi bawang putih, terasi, cengek, gula bali, dan garam yang digoreng bersama sekutil minyak. Untuk mempermudah pemakai saat hendak memakannya, sayuran tersebut akan dipotong lumat dulu, baru di atasnya akan diberi bumbu. Adukan tersebut nantinya akan dimasukkan ke dalam daun mauz dengan pucuknya dikunci dengann lidi agar tidak terkuak saat dimasak, baru dikukus sampai matang. Bahkan untuk melengkapi rasa dan enaknya entil, maka akan diberi kuah bersantan untuk melumurinya, walaupun tidak terlalu banyak. Untuk menyajikan entil, beras dan santan yang sudah dimasukkan ke daun telengidi & sudah matang, maka akan ditelanjangi dari daun penutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *