Menu Close

5 Wisata Sejarah Di Indonesia

Negara Indonesia adalah negara yang sangat beruntung. Selain memiliki kekayaan alam yang tinggi, negara ini juga memiliki sejarah panjang. Dari kejayaan kerajaan masa lalu hingga peristiwa sejarah modern seperti perjuangan rakyat untuk merdeka dari tangan penjajah, semuanya tersimpan dengan baik di berbagai Wisata sejarah di Indonesia.

Adapun rencana liburan Anda yang akan datang, akan sangat menyenangkan untuk dapat mengunjungi tempat-tempat yang ada dalam buku-buku sejarah sekolah. Selain memiliki objek wisata yang unik, banyak tempat Wisata sejarah di Indonesia juga menarik.

Yg ingin tahu? Lihatlah langsung destinasi wisata sejarah terkenal berikut di Indonesia:

  1. Fort Rotterdam

Objek wisata bersejarah Benteng Rotterdam dibangun pada masa pemerintahan Gowa-Tallo, khususnya pada masa pemerintahan Jalan Tol Gowa Kesembilan pada tahun 1667. Objek wisata bersejarah di Indonesia ini terletak di pantai barat Makassar dan sebelumnya disebut Kastil Ujung Pandang. Bangunan bersejarah ini menyaksikan bagaimana pemerintah kolonial Belanda berhasil menjajah bangsa Indonesia dan kehilangan kekuatannya tak lama kemudian.

Ketika Kerajaan Goa harus mengakui kekalahan penjajah, kastil ini diserahkan kepada VOC. Di bawah kendali senyawa organik yang mudah menguap, nama kastil itu kemudian diubah menjadi Fort Rotterdam. Kemudian, benteng itu digunakan sebagai pusat pertahanan dan sebagai tempat perlindungan rempah-rempah untuk Indonesia timur. Ketika otoritas pemerintah kolonial Belanda melemah, pasukan yang dipimpin oleh Sultan Hassanuddin merebut kastil.

2 – Masjid menara kudus

Masjid Menara Kodos dibangun sekitar tahun 1549. Dari penampilannya yang unik, dapat dilihat apakah pembangunan tempat ibadah bagi masyarakat Islam merupakan campuran dari budaya Budha Hindu dengan Islam. Tentu saja, karena pada saat itu kepercayaan Budha Hindu masih kental. Berkat peran aktif Sunan Qudus sebagai anggota dalam menyebarkan ajaran Islam di pulau Jawa, masjid ini berhasil melawan.

Objek wisata bersejarah di Indonesia ini ditandai dengan fitur menara setinggi 18 meter dan masuk daftar masjid tertua di Indonesia. Saat mengunjungi tujuan Wisata sejarah di Indonesia, Anda dapat sekaligus mengunjungi makam Sunan Kudus yang terletak di sisi barat masjid ini. Anda juga dapat menjadi bagian dari Festival Dhandhangan yang diselenggarakan oleh penduduk setempat untuk menyambut kehadiran Ramadhan saat mengunjungi situs wisata bersejarah ini.

  1. Taman Sari

Salah satu tujuan wisata bersejarah dan ikonis Indonesia adalah Taman Sari. Bangunan yang membutuhkan waktu 9 tahun untuk dibangun pertama kali dirancang pada masa ketika Sultan Hamengku Buwono I memerintah sebagai taman atau istana di Istana Hadiningrat di Ngayogyakarta.

Kompleks Taman Sari terdiri dari 10 hektar dan terdiri dari kolam renang, jembatan gantung, dan kanal. Arsitek Portugis, Demang Tegis, bertanggung jawab untuk membangun Taman Sari. Objek wisata bersejarah di Indonesia ini telah melalui serangkaian peristiwa bersejarah, dari penjajahan Belanda dan Jepang hingga kemerdekaan bagi rakyat Indonesia, termasuk serangan terhadap Inggris pada 1812 dan gempa 1876.

  1. Istana Maimun

Istana Maimon yang megah terletak di Medan, peninggalan Kesultanan Deli. Pembangunan objek wisata bersejarah ini di Indonesia dimulai dari 26 Agustus 1888 hingga selesai pada 18 Mei 1891, dan tetap megah dan kuat hingga saat ini.

Bangunan bersejarah, dipadukan dengan warna kuning keemasan muda, adalah karya seorang arsitek Italia bernama Theo Van Erp. Dengan otaknya yang luar biasa, ia berhasil menggabungkan konsep arsitektur tradisional gaya Malaysia, Timur Tengah dan Eropa sambil membangun istana ini. Konsep arsitektur yang unik ini kemudian dilengkapi dengan perabot yang tidak kalah mewahnya, yang menjadikan Istana Maimon sebagai simbol wisata sejarah di Indonesia untuk dikunjungi.

  1. Kota Tua Semarang

Pusat sejarah Semarang adalah lanskap sejarah. Dulunya merupakan pusat perdagangan yang ramai pada abad ke-19 dan ke-20, Kota Tua Semarang menampung sekitar 50 bangunan tua yang masih panjang dan memiliki nilai sejarah yang besar. Wisatawan yang mengunjungi objek wisata bersejarah Indonesia ini akan disuguhi bangunan Eropa Kontinental abad ke-18, dengan atap yang unik, penggunaan kaca patri, dan ukuran pintu serta jendela besar.

Itulah rekomendasi Wisata sejarah di Indonesia. Sudahkah Anda memutuskan objek wisata bersejarah mana yang akan dikunjungi di Indonesia pada perjalanan Anda berikutnya? Sebelum merencanakan perjalanan Anda sendiri, ada baiknya Anda mengurus semua jenis liburan yang Anda butuhkan dengan beberapa waktu sebelumnya.