Menu Close

Amandel,Tonsilitis Dan Tonsilektomi

Amandel – Amandel adalah bagian dari “lingkaran” jaringan getah bening / kelenjar yang mengelilingi bagian belakang tenggorokan. Amandel muncul di bagian belakang mulut di kedua sisi.

Peran apa yang mereka mainkan dalam sistem tubuh kita?

Mereka bertindak seperti “polisi” dan membantu menciptakan antibodi melawan “kuman” yang menyerang hidung, mulut, dan tenggorokan. Fitur ini mungkin penting untuk anak-anak hingga usia 3 tahun, tetapi tidak ada bukti pentingnya fitur ini selanjutnya.

Apakah saya menderita kehilangan kekebalan setelah amandel saya diangkat?

Amandel hanyalah sebagian kecil dari sistem kekebalan kita. Ada kelenjar getah bening di tubuh yang berfungsi sebagai mekanisme pertahanan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pasien yang amandelnya telah diangkat (tonsilektomi) tidak mengalami penurunan kekebalan terhadap penyakit tersebut.

Pasien yang amandelnya telah diangkat, rata-rata, memiliki lebih banyak penyakit dibandingkan anak-anak yang “merawat” amandelnya. Faktanya, beberapa pasien akan mengalami lebih sedikit penyakit, seperti streptococcus, setelah operasi amandel.

Pemeriksaan kesehatan

Metode utama pemeriksaan amandel adalah:

Latar belakang medis
Pemeriksaan fisik
Apa yang harus saya harapkan selama ujian?

Dokter akan menanyakan pertanyaan tentang masalah telinga, hidung, dan tenggorokan serta memeriksa kepala dan leher. Dokter juga akan menggunakan alat kecil yang menyala untuk memeriksa area ini.

3 penyebab umum tonsilitis:

Streptokokus grup A – bakteri umum yang menyebabkan sakit tenggorokan pada 15 pasien, termasuk orang dewasa. Beberapa pasien mungkin tidak menunjukkan gejala apa pun tetapi masih dapat menularkan bakteri. Streptokokus grup A juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

Mononukleosis yang disebabkan oleh virus Epstein-Barr juga dapat menyebabkan gejala tonsilitis, terutama pada anak-anak.

Virus pernafasan, terutama virus influenza, bisa menyebabkan tonsilitis. Mereka tidak seberbahaya infeksi bakteri, tetapi terkadang sulit membedakan infeksi virus dari infeksi bakteri.

Komplikasi dapat terjadi akibat tonsilitis yang disebabkan oleh abses bakteri pada tonsil (Kinsey). Ini terjadi ketika bakteri berkumpul bersama di “dinding tertutup” karena pertumbuhan jaringan baru. Abses tidak ada di amandel tapi di sisi lain. Tidak seperti tonsilitis sederhana, kinesi cenderung hanya dirasakan di satu sisi tenggorokan, dan orang dengan kondisi ini sering memiringkan kepala ke satu sisi untuk mengurangi rasa sakit. Quince ditemukan pada sekitar 1 dari 3.000 orang setiap tahun dan lebih sering terjadi pada dewasa muda dengan tonsilitis.

Gejala dan komplikasi tonsilitis

Biasanya nyeri / pegal di tenggorokan, tetapi karena tenggorokan dan telinga berbagi saraf yang sama, nyeri kadang muncul di telinga. Rasa sakit biasanya bertambah parah saat menelan. Anak-anak mungkin tidak mengeluh sakit tenggorokan, tetapi mereka menolak makan.

Gejala lain mungkin termasuk:

suhu
Bau mulut
Merasa sangat buruk secara umum
Sakit kepala
Amandel yang membesar dapat menyebabkan mendengkur, yaitu apnea tidur obstruktif yang menyumbat hidung dan tenggorokan saat bernapas saat tidur.

Penghapusan amandel yang sedang berkembang

Beberapa dari Anda mungkin bertanya, jika amandel adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh, mengapa harus menyingkirkannya? Sebagian besar pembelajaran awal tentang sistem kekebalan Anda terjadi sebelum usia enam tahun. Atau untuk waktu yang lama, jika tidak lama kemudian, jika amandel sangat besar sehingga menghalangi pernapasan di malam hari, apakah menurut Anda ini adalah masalah utama yang perlu ditangani?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *