Menu Close

Pelajari tentang jenis meteran air cara kerjanya

Pelajari tentang jenis meteran air cara kerjanya

Meteran Air sangat penting bagi perusahaan air minum dalam pemantauan penggunaan air oleh pelanggan secara terus menerus, sehingga dapat memperoleh rekening tagihan bulanan yang akurat dan dapat mengontrol serta mengontrol penggunaan air oleh pelanggan sesuai kebutuhan. Jika ditemukan jenis meteran air dibagi menjadi berikut menurut cara pengoperasiannya:

  1. Perpindahan Positif (Volume)
    Kelompok meter air ini memiliki tingkat keakuratan yang tinggi dan termasuk dalam meter Kelas C. Jenis meteran air ini memiliki keunggulan karena mudah dibaca tanpa perlu keahlian khusus. Sangat cocok untuk pelanggan industri kecil dan pelanggan domestik. Selain itu, meteran ini dapat dipasang di semua posisi. Perpindahan positif juga dikenal sebagai volumetrik. Meteran air ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu:
  • Penghitung Tablet Kacang
    Penghitung tablet netralisasi memiliki papan tombol yang terletak di dalam badan penghitung. Disk itu sendiri menempati ruang yang dihitung. Selain itu, tombol ini berputar saat air masuk ke meteran, yang dihubungkan ke register meter dengan tuas atau batang untuk mencatat jumlah air yang digunakan. Jumlah putaran yang dilakukan oleh tampilan menunjukkan jumlah air yang direkam dan dicatat dalam meter.
  • osilasi piston
    Jenis meteran ini berbeda dengan penghitung tablet, di mana pendorong berosilasi terdiri dari sejenis silinder atau ember yang berputar saat mengalir dengan air. Air kemudian masuk ke lubang penyisipan dan mengisi ember atau centong yang akan langsung berputar, kemudian dialihkan dari filter ke ruang di belakang ember. Semakin cepat ember atau payung bergerak, semakin banyak air yang melewatinya. Biasanya, meteran jenis ini memiliki katup satu arah, sehingga air tidak dapat membalik arah.
  1. Tidak ada perpindahan (tidak ada volume)
    Non displacement merupakan kebalikan dari besaran positive displacement yang memiliki banyak jenis, salah satunya adalah akselerometer. Speedometer menggunakan laju air sebagai penggerak mekanis yang terletak di meteran dan dikaitkan dengan nomor registrasi meteran. Ada beberapa jenis spedometer, diantaranya sebagai berikut.
  • Pesawat tunggal dan ganda
    Perbedaan antara jet tunggal dan jet ganda adalah bahwa jet tunggal memiliki lubang penyisipan dan struktur internal meteran dibuat sedemikian rupa sehingga air yang masuk hanya mencapai satu kipas di luar saluran keluar. Meteran air / water meter ini hanya bisa dibaca pada aliran air rendah, termasuk meteran Kelas C. Untuk jenis meteran multi jet, meteran ini memiliki housing di sekitar impeller. Jaket tersebut memiliki dua pintu keluar dan dua pintu masuk. Lubang tersebut dibuat agar dapat memutar rotor dengan baik. Jenis meter ini umumnya dapat terus berputar melawan air yang mengandung pasir.
  • Pengukur air turbin
    Reinhard Weltman menemukan, meter air – meter air – meteran air turbin terdiri dari beberapa rotor atau kipas yang dipasang pada poros spindel. Pengukur ini bekerja seperti akselerometer yang menggunakan kecepatan air untuk memutar kipas. Meteran air turbin adalah tipe vertikal. Biasanya, sumbu vertikal poros kipas digunakan dalam aliran turbulen dan meteran dibuat sedemikian rupa sehingga kipas / kipas tidak bertabrakan secara langsung. Ini akan memungkinkan meteran menerima semua jenis aliran air, membuat pembacaan meteran lebih akurat. Skala ini juga disebut tipe Voltmag.
    Meskipun jenis kebalikannya adalah jenis voltex. Pada meteran jenis ini, sumbu dihubungkan secara horizontal, sehingga disebut juga tipe horizontal Voltaine. Kipas angin akan langsung bertabrakan dengan air yang masuk ke lubang masuk, meteran jenis ini hanya menerima air dengan aliran kecepatan tinggi, karena jika debitnya kecil maka kipas tidak akan bisa berputar.
    Pentingnya perawatan meter air
    Siapapun yang memiliki meteran air di rumah harus terbiasa dengan perangkat ini. Menurut pembahasan sebelumnya, alat ini berfungsi untuk mencatat penggunaan air setiap bulannya. Sebab, sebagai alat perekam sudah pasti penting untuk dirawat dengan baik agar meter air bisa merekam dengan akurat. Karena akuntannya tidak akurat, Anda pasti bisa mendapatkan tagihan yang lebih tinggi di kemudian hari, tentunya hal-hal seperti ini akan sangat menyulitkan Anda bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *